Survey Usaha Mikro Kecil-Menengah Produk Sepatu Kulit

TUGAS TEORI ORGANISASI UMUM









Kelompok 1
2KA09
SURVEY USAHA MIKRO KECIL - MENENGAH






UNIVERSITAS GUNADARMA
2015
ANGGOTA KELOMPOK

NO
NAMA

1.
KIKY HARDIYANTI        

2.
A.Miptahudin

3.
Apri Handoko

4.
Rani Aplianty

5.
M Galih S

6.
Jordan

7.
Nuke












DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR
BAB I
PENDAHULUAN
       1.1 LatarBelakang..................................................................................... 1
       1.2 Manfaat Penelitian............................................................................... 2
BAB II
PENDEFINISIAN
       2.1Definisi UKM....................................................................................... 3
       2.2 Jenis-Jenis UKM.................................................................................. 4
BAB III
PEMBAHASAN
       3.1 Biografi................................................................................................ 3
       3.2 Sejarah................................................................................................. 4
       3.3 Hasil Kunjungan.................................................................................. 4
BAB IV
PENUTUP
       4.1 Kesimpulan.......................................................................................... 3
       4.2Saran..................................................................................................... 4


KATA PENGANTAR

Dengan memanjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT. Dan dengan rahmat dan karunianya, MAKALAH TEORI ORGANISASI UMUM (USAHA KECIL MENENGAH) ini dapat kami buat sebagai tugas kami. Sebagai bahan pembelajaran kami dengan harapan dapat di terima dan di pahami secara bersama.
Makalah ini diajukan guna memenuhi tugas mata kuliah TEORI ORGANISASI UMUM. Kami mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu sehingga makalah ini dapat diselesaikan tepat pada waktunya. Makalah ini masih jauh dari kesempurnaan.
Akhirnya kami dengan kerendahan hati meminta maaf jika terdapat kesalahan dalam penulisan ataupun penguraian makalah kami. Dengan harapan dapat di terima oleh Bapak/Ibu dan dapat dijadikan sebagai acuan dalam proses pembelajaran kami






Depok,  Oktober 2015



Penulis            

BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Seiring dengan kemajuan zaman, telah banyak terjadi perubahan disekitar kita. Salah satunya adalah persaingan dalam dunia bisnis yang sedimikian ketat, hal ini dapat kita lihat dengan banyaknya perusahaan sejenis yang menawarkan jenis produk yang hampir mirip. Contoh persaingan yang terjadi dapat dilihat pada produk sepatu kulit. Karena banyaknya persaingan tersebut maka perusahaan saling berlomba-lomba untuk menciptakan produk berbahan dasar kulit yang bermutu dan berkualitas tinggi.
Dengan melihat kesadaran masyarakat yang cukup tinggi terhadap kenyamanan berjalan maka banyak peminat sepatu kulit yang bermutu dan berkualitas tinggi di toko-toko. Dengan banyaknya pilihan sepatu kulit maka calon pembeli/konsumen sepatu juga akan lebih banyak pertimbangan.kosumen akan membeli sepatu kulit yang keunggulannya banyak dan harga yang tidak terlalu tinggi.
1.2 Manfaat Penulisan
Adapun manfaat penulisan makalah ini adalah:
1. bermanfaat sebagai suatu proses belajar dalam wirausaha
2.Dapat mengkaji lebih dalam tentang jenis produk berbahan dasar kulit yang diminati konsumen
3. Bermanfaat sebagai suatu proses belajar untuk mengetahui cara berwirausaha
4. Untuk menambah pengetahuan tentang fungsi dan kegunaan dari kulit sapi.







BAB II
PENDEFINISIAN
2.1 Definisi UKM
UKM disingkat usaha kecil menengah sebuah istilah yang mengacu ke jenis usaha kecil yang memiliki kekayaan bersih paling banyak Rp 200.000.000 tidak termasuk tanah dan bangunannya tempat usaha. Dan usaha yang berdiri sendiri. Menurut keputusan presiden RI no.99 th.1998 pengertian usaha kecil adalh “ Kegiatan Ekonomi Rakyat”yang beresiko kecil dengan bidang usaha kecil dan perlu dilindungi untuk mencegah dari persaingan usaha yang tidak sehat.
2.2 Jenis-Jenis UKM
1.Usaha Manufaktur
   Usaha yang mengubah input dasar menjadi produk yang bisa dijual kepada konsuen. Kalau anda bingung,contohnya adalah konveksi yang menghasilkan mebel,hiasan rumah , souvenir dan sebagainya.
2.Usaha Dagang
   Usaha yang menjual produk kepada konsumen. Contoh adalah pusat jajanan tradisional yang menjual segala macam jajanan tradisional atau toko kelontong yang menjual semua kebutuhan sehari-hari.
3.Usaha Jasa
Usaha yang menghasilkan jasa,bukan menghasilkan produk atau barang untuk konsumen. Sebagai contoh adalah jasa pengiriman barang atau warung internet (warnet) yang menyediakan alat dan layanan kepada konsumen agar mereka bisa browsing , searching , blogging atau yang lainnya







BAB III
PEMBAHASAN
3.1 Biografi
·         Nama Pemilik              : Yudio Yulistio.
·         Umur                           : 35 Tahun.
·         Alamat                        : Jl. Pekapuran raya no.8 RT 001/004 Kecamatan                                                                       Cimanggis - Depok.
·         Tahun Berdiri              : 2014
·         Nama Toko                 : Studio Shoes.

3.2 Sejarah
          Pada awalnya saya membuka bisnis ini pada tahun 2014 ketika keinginan untuk hidup yang lebih baik mengalahkan kenyamanan dan kemapanan dalam membangun karir. Sebagai pegawaipun dirasa tidaklah cukup untuk memenuhi keinginan untuk terus mencapai sukses. Ya begitulah setidaknya yang tersirat dari pengalaman dan perjalanan bisnis saya.
            Mendirikan sebuah bisnis sepatu kulit yang banyak diminati oleh banyak kalangan membuat saya terus mengasah dan mengelola kemampuan bisnisnya. Saya selalu mencari inspirasi dengan pergi jalan-jalan atau melihat fashion orang lain. Dan saya berinisiatif untuk membuka toko sepatu kulit yang saya beri nama Studio Shoes.
            Ada sesuatu yang menarik apabila anda datnag ke toko saya adlah melihat ke atas yang berada di depan nama tokonya. Disana terpampang sebuah sepatu yang berukuran tidak wajar, mungkin seukuran kaki raksasa. Pak Yudio mengatakan bahwa tujuan pemasangan sepatu itu didepan adalah sebagai sesuatu untuk menarik minat pengunjung untuk membeli yang ada di toko Studio Shoes.



3.3 Hasil Kunjungan



Gambar diatas adalah Toko pengrajin kulit bernama Studio Shoes yang dimiliki oleh Bapak Yudio, Toko ini berdiri sejak 1 tahun yang lalu. Toko ini memproduksi barang-barang yang terbuat dari kulit sapi.
            Dalam menjalankan usahanya tersebut Bapak Yudio memproduksi dan menjual produk-produk dari bahan kulit sapi seperti : sepatu, sandal, ikat pinggang, dompet dan gantungan kunci. Toko ini buka setiap hari Seni-Minggu dari pukul 08.00 sampai 22.00.








Produk-produk yang dihasilkan
Produk-Produk yang dihasilkan oleh usaha ini yaitu:
·         sepatu
·         sendal
·         dompet
·         gantungan kunci
·         ikat pinggang

Porsi Penjualan
Dalam sehari usaha dari bapak yudio ini bisa menjual produknya 3-15 Pieces,dalam sebulan bisa terjual ± 300 Pieces
Harga jual
JENIS BARANG
KISARAN HARGA (Ribu/Rupiah)
Sepatu
150-450
Sendal
135-200
Dompet
150
Gantungan Kunci
50
Ikat pinggang
150









Dalam foto diatas terlihat ruang produksi kerajinan kulit. Terdapat beberapa alat jahit dan kulit-kulit sapi yang sudah dikeringkan. Juga terlihat pemotongan kulit untuk alas serta untuk permuukaan sepatu.



Salah seorang karyawan yang sedang membuat pola untuk dijadikan alas sepatu yang sudah  dipotong.








Dibawah ini adalah foto salah satu karyawan yang sedang menjahit sepatu. Terlihat juga beberapa sepatu yang sudah diperhalus bagian permukaannya agar lebih mudah dalam pengecatan sepatu.
               

                Gambar di atas
juga termasuk dalam produk-produk yang dihasilkan oleh Studio Shoes, yaitu ikat pinggang dan dompet.



























BAB IV
PENUTUP

4.1 kesimpulan
berdasarkan hasil observasi yang kami lakukan di UKM studio shoes di pekapuran. UKM ini merupakan pengrajin kulit yang dimiliki oleh bpk. Yudio, yang menghasilkan kerajinan kulit seperti sepatu, sandal, ikat pinggang, dompet, gantungan, kunci yang terbuat dari kulit sapi.
Harga kerajinan kulit ini berkisar 50.000- 450000. dalam sehari UKM studio shoes dapat menjadi 3-15 piece/hari
4.2 Saran
            Saran untuk toko studio shoes yaitu agar meningkatkan kualitas dari produk yang dihasikan dan membuat produk lebih kreatif agar beda dari yang lain karena dalam suasana persaingan yang semakin kompetitif, keberadaan UKM dituntut untuk dapat bersaing dengan pelaku usaha lainnya. maka dari itu pelayanan, fasilitas, kenyamanan, keamanan, dan kebersihan harus ditingkatkan agar konsumen dapat merasa puas, dan dapat berjalan secara efektif dalam memenuhi suatu tujuan promosi UKM.




















DAFTAR PUSTAKA
http://infoukm.wordpress.com/


Comments

Popular posts from this blog

Seberapa Penting Manfaat Grafik Komputer & Pengolahan Citra dalam Kehidupan Sehari-hari?

ALGORITMA WATER JUG

Kisi-Kisi Soal UAS PTSI Gunadarma