Survey Usaha Mikro Kecil-Menengah Produk Sepatu Kulit
TUGAS TEORI ORGANISASI UMUM
Kelompok 1
2KA09
SURVEY
USAHA MIKRO KECIL - MENENGAH
UNIVERSITAS GUNADARMA
2015
ANGGOTA
KELOMPOK
NO
|
NAMA
|
||
1.
|
KIKY HARDIYANTI
|
||
2.
|
A.Miptahudin
|
||
3.
|
Apri Handoko
|
||
4.
|
Rani Aplianty
|
||
5.
|
M Galih S
|
||
6.
|
Jordan
|
||
7.
|
Nuke
|
||
DAFTAR ISI
KATA
PENGANTAR
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 LatarBelakang..................................................................................... 1
1.2 Manfaat Penelitian............................................................................... 2
BAB II
PENDEFINISIAN
2.1Definisi UKM....................................................................................... 3
2.2 Jenis-Jenis UKM.................................................................................. 4
BAB III
PEMBAHASAN
3.1 Biografi................................................................................................ 3
3.2 Sejarah................................................................................................. 4
3.3 Hasil
Kunjungan.................................................................................. 4
BAB IV
PENUTUP
4.1 Kesimpulan.......................................................................................... 3
4.2Saran..................................................................................................... 4
KATA
PENGANTAR
Dengan memanjatkan puji syukur kehadirat Allah
SWT. Dan dengan rahmat dan
karunianya, MAKALAH TEORI ORGANISASI UMUM (USAHA KECIL MENENGAH) ini dapat kami buat sebagai tugas
kami. Sebagai bahan pembelajaran kami dengan harapan dapat
di terima dan di pahami secara bersama.
Makalah ini diajukan guna memenuhi tugas mata kuliah TEORI ORGANISASI UMUM.
Kami mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu sehingga
makalah ini dapat diselesaikan tepat pada waktunya. Makalah ini masih jauh dari
kesempurnaan.
Akhirnya kami dengan kerendahan hati meminta maaf jika terdapat kesalahan
dalam penulisan ataupun penguraian makalah kami. Dengan harapan dapat di terima
oleh Bapak/Ibu dan dapat dijadikan sebagai acuan dalam proses pembelajaran kami
Depok, Oktober 2015
Penulis
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Seiring
dengan kemajuan zaman, telah banyak terjadi perubahan disekitar kita. Salah
satunya adalah persaingan dalam dunia bisnis yang sedimikian ketat, hal ini
dapat kita lihat dengan banyaknya perusahaan sejenis yang menawarkan jenis
produk yang hampir mirip. Contoh persaingan yang terjadi dapat dilihat pada
produk sepatu kulit. Karena banyaknya persaingan tersebut maka perusahaan
saling berlomba-lomba untuk menciptakan produk berbahan dasar kulit yang
bermutu dan berkualitas tinggi.
Dengan
melihat kesadaran masyarakat yang cukup tinggi terhadap kenyamanan berjalan
maka banyak peminat sepatu kulit yang bermutu dan berkualitas tinggi di
toko-toko. Dengan banyaknya pilihan sepatu kulit maka calon pembeli/konsumen
sepatu juga akan lebih banyak pertimbangan.kosumen akan membeli sepatu kulit
yang keunggulannya banyak dan harga yang tidak terlalu tinggi.
1.2
Manfaat Penulisan
Adapun
manfaat penulisan makalah ini adalah:
1. bermanfaat sebagai
suatu proses belajar dalam wirausaha
2.Dapat
mengkaji lebih dalam tentang jenis produk berbahan dasar kulit yang diminati konsumen
3. Bermanfaat sebagai
suatu proses belajar untuk mengetahui cara berwirausaha
4. Untuk menambah
pengetahuan tentang fungsi dan kegunaan dari kulit sapi.
BAB II
PENDEFINISIAN
2.1 Definisi UKM
UKM
disingkat usaha kecil menengah sebuah istilah yang mengacu ke jenis usaha kecil
yang memiliki kekayaan bersih paling banyak Rp 200.000.000 tidak termasuk tanah
dan bangunannya tempat usaha. Dan usaha yang berdiri sendiri. Menurut keputusan
presiden RI no.99 th.1998 pengertian usaha kecil adalh “ Kegiatan Ekonomi
Rakyat”yang beresiko kecil dengan bidang usaha kecil dan perlu dilindungi untuk
mencegah dari persaingan usaha yang tidak sehat.
2.2 Jenis-Jenis
UKM
1.Usaha Manufaktur
Usaha yang
mengubah input dasar menjadi produk yang bisa dijual kepada konsuen. Kalau anda
bingung,contohnya adalah konveksi yang menghasilkan mebel,hiasan rumah ,
souvenir dan sebagainya.
2.Usaha Dagang
Usaha yang
menjual produk kepada konsumen. Contoh adalah pusat jajanan tradisional yang
menjual segala macam jajanan tradisional atau toko kelontong yang menjual semua
kebutuhan sehari-hari.
3.Usaha Jasa
Usaha
yang menghasilkan jasa,bukan menghasilkan produk atau barang untuk konsumen.
Sebagai contoh adalah jasa pengiriman barang atau warung internet (warnet) yang
menyediakan alat dan layanan kepada konsumen agar mereka bisa browsing ,
searching , blogging atau yang lainnya
BAB III
PEMBAHASAN
3.1
Biografi
·
Nama Pemilik :
Yudio Yulistio.
·
Umur : 35 Tahun.
·
Alamat : Jl. Pekapuran raya no.8 RT 001/004 Kecamatan Cimanggis - Depok.
·
Tahun Berdiri : 2014
·
Nama Toko : Studio Shoes.
3.2 Sejarah
Pada
awalnya saya membuka bisnis ini pada tahun 2014 ketika keinginan untuk hidup yang lebih baik mengalahkan
kenyamanan dan kemapanan dalam membangun karir. Sebagai pegawaipun dirasa
tidaklah cukup untuk memenuhi keinginan untuk terus mencapai sukses. Ya
begitulah setidaknya yang tersirat dari pengalaman dan perjalanan bisnis saya.
Mendirikan
sebuah bisnis sepatu kulit yang banyak diminati oleh banyak kalangan membuat
saya terus mengasah dan mengelola kemampuan bisnisnya. Saya selalu mencari
inspirasi dengan pergi jalan-jalan atau melihat fashion orang lain. Dan saya
berinisiatif untuk membuka toko sepatu kulit yang saya beri nama Studio Shoes.
Ada
sesuatu yang menarik apabila anda datnag ke toko saya adlah melihat ke atas
yang berada di depan nama tokonya. Disana terpampang sebuah sepatu yang
berukuran tidak wajar, mungkin seukuran kaki raksasa. Pak Yudio mengatakan
bahwa tujuan pemasangan sepatu itu didepan adalah sebagai sesuatu untuk menarik
minat pengunjung untuk membeli yang ada di toko Studio Shoes.
3.3 Hasil Kunjungan
Gambar
diatas adalah Toko pengrajin kulit bernama Studio Shoes yang dimiliki oleh
Bapak Yudio, Toko ini berdiri sejak 1 tahun yang lalu. Toko ini memproduksi
barang-barang yang terbuat dari kulit sapi.
Dalam menjalankan usahanya tersebut
Bapak Yudio memproduksi dan menjual produk-produk dari bahan kulit sapi seperti
: sepatu, sandal, ikat pinggang, dompet dan gantungan kunci. Toko ini buka
setiap hari Seni-Minggu dari pukul 08.00 sampai 22.00.
Produk-produk
yang dihasilkan
Produk-Produk yang
dihasilkan oleh usaha ini yaitu:
·
sepatu
·
sendal
·
dompet
·
gantungan kunci
·
ikat pinggang
Porsi
Penjualan
Dalam sehari usaha dari
bapak yudio ini bisa menjual produknya 3-15 Pieces,dalam sebulan bisa terjual ±
300 Pieces
Harga
jual
JENIS
BARANG
|
KISARAN
HARGA (Ribu/Rupiah)
|
Sepatu
|
150-450
|
Sendal
|
135-200
|
Dompet
|
150
|
Gantungan
Kunci
|
50
|
Ikat
pinggang
|
150
|
Dalam foto diatas terlihat ruang produksi kerajinan kulit. Terdapat beberapa
alat
jahit dan kulit-kulit sapi yang sudah dikeringkan. Juga terlihat pemotongan
kulit untuk alas serta untuk permuukaan sepatu.
Salah seorang karyawan yang sedang
membuat pola untuk dijadikan alas sepatu yang sudah dipotong.
Dibawah ini adalah foto salah satu karyawan yang sedang
menjahit sepatu. Terlihat juga beberapa sepatu yang sudah diperhalus bagian
permukaannya agar lebih mudah dalam pengecatan sepatu.
Gambar di atas juga termasuk dalam produk-produk yang dihasilkan oleh Studio Shoes, yaitu ikat pinggang dan dompet.
BAB IV
PENUTUP
4.1 kesimpulan
berdasarkan hasil observasi yang kami lakukan di UKM
studio shoes di pekapuran. UKM ini merupakan pengrajin kulit yang dimiliki oleh
bpk. Yudio, yang menghasilkan kerajinan kulit seperti sepatu, sandal, ikat
pinggang, dompet, gantungan, kunci yang terbuat dari kulit sapi.
Harga kerajinan kulit ini berkisar 50.000- 450000.
dalam sehari UKM studio shoes dapat menjadi 3-15 piece/hari
4.2 Saran
Saran
untuk toko studio shoes yaitu agar meningkatkan kualitas dari produk yang
dihasikan dan membuat produk lebih kreatif agar beda dari yang lain karena dalam
suasana persaingan yang semakin kompetitif, keberadaan UKM dituntut untuk dapat
bersaing dengan pelaku usaha lainnya. maka dari itu pelayanan, fasilitas,
kenyamanan, keamanan, dan kebersihan harus ditingkatkan agar konsumen dapat
merasa puas, dan dapat berjalan secara efektif dalam memenuhi suatu tujuan
promosi UKM.
DAFTAR PUSTAKA
http://infoukm.wordpress.com/
Comments
Post a Comment