Seberapa Penting Manfaat Grafik Komputer & Pengolahan Citra dalam Kehidupan Sehari-hari?

         Teknologi yang sekarang sudah semakin berkembang, secara otomatis pula makin banyak hal yang dapat dilakukan oleh komputer. Salah satu dari perkembangan komputer adalah bidang grafik komputer dan bidang pengolahan citra. Secara sederhana, apa yang di proses dan menjadi apa setelah diproses adalah perbedaan grafik komputer dengan pengolahan citra.
Grafik komputer dan pengolahan citra tidak hanya dipakai dalam satu bidang tertentu, akan tetapi sudah hampir dipakai dalam semua bidang ilmu, seperti bidang visual, bidang perancangan, bidang kesehatan, bidang hiburan, bahkan bidang pendidikan pun memerlukannya, dll.

GRAFIK KOMPUTER
      Ilmu grafik komputer atau grafika komputer (Computer Graphics) merupakan pemrosesan gambar yang dihasilkan atau diciptakan berdasarkan deskripsi obyek maupun latar belakang yang terkandung dengan menggunakan komputer.
Bidang ilmu grafik komputer saat ini sangat cepat berkembang begitu juga pemanfaatannya, sehingga hal itu sangat membantu dalam kehidupan sehari-hari. Berikut adalah pemanfaatan ilmu grafik komputer serta implementasinya:
  • Bidang Pendidikan
Grafik komputer pada bidang pendidikan sebagai contoh power point digunakan siswa, mahasiswa maupun guru bahkan pegawai untuk mempresentasikan objek-objek secara nyata dengan kreatifitas masing-masing membuatnya.
  • Video Game
video game ini yang dibuat semenarik mungkin pasti  membutuhkan grafik komputer untuk mencapai pembuatan sebuah video game.
  • Bidang Hiburan
Zaman dimana kehidupan sehari-hari mengunakan teknologi, tayangan televisi pun tidak mau kalah berkembang, dengan menggunakan grafik komputer dan pengolahan citra para animator atau produser film lebih leluasa menuangkan ide kreatifitas kedalam karyanya.
  • Bidang Perancangan 
Desain dan model objek yang dibuat dikomputer untuk mendesain rumah, mobil, kartun, logo yang seolah-olah nyata merupakan pembuatan dari sebuah grafik komputer



PENGOLAHAN CITRA
Pengolahan citra dilakukan untuk memperbaiki kualitas gambar, teknik pengolahan citra dilakukan dengan mentranformasikan citra menjadi citra lain.
Bidang ilmu pengolahan citra saat ini sangat cepat berkembang begitu juga pemanfaatannya, sehingga hal itu sangat membantu dalam kehidupan sehari-hari. Berikut adalah pemanfaatan ilmu pengolahan citra serta implementasinya:
  • Bidang Visual
Dalam bidang visual pengolahan citra ini digunakan untuk pemotretan lewat satellite, GPS, foto kamera, dll.
  • Bidang Kedokteran
Salah satu pemanfaatan atau pengimplementasian pengolahan citra di bidang kedokteran yang paling terkenal adalah foto rontgen yang menggunakan sinar X yang sangat membantu pekerjaan seorang dokter untuk mendiagnosa penyakit yang terdapat didalam tubuh manusia yang sulit untuk dilihan seacara kasatmata. 
  • Bidang Kepolisian/Hukum
Didalam bidang ini pengolahan citra sangat membantu kepolisian untuk mencari data orang yang dianggap telah melakukan kesalahan, seperti penggunaan pola sidik jari, rekonstruksi wajah pelaku kejahatan, dll.
KESIMPULAN
Setelah dijelaskan definisi dan beberapa manfaat dari sebuah grafik komputer dan pengolahan citra ternyata kedua-duanya mempunyai banyak manfaat dalam kehidupan sehari-hari, bahkan apabila ilmu grafik komputer dan pengolahan citra tidak berkembang atau dikatakan tidak muncul sangat mempengaruhi perkembangan zaman yang serba teknologi ini dalam bidang tertentu.

https://leonardochristian94.wordpress.com/2015/09/28/perbedaan-ilmu-grafik-komputer-dan-pengolahan-citra/
http://andreprat.blogspot.co.id/2014/10/pengertian-grafik-komputer-dan.html
http://harumrahayu123.blogspot.co.id/2015/09/ilmu-grafik-komputer-pengolahan-citra.html






Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

ALGORITMA WATER JUG

Kisi-Kisi Soal UAS PTSI Gunadarma