ALGORITMA WATER JUG

Algoritma mendapatkan 4 liter air dengan ember 5 liter dan 3 liter




Pada postingan kali ini saya  akan membahas tentang latihan untuk memperdalam tentang Algoritma dan masih mengenai tentang ember. Dalam literature klasik masih terdapat persoalan tentang air yang dinamakan water jug problem. Misalnya anda mempunyai dua buah ember masing-masing bervolume 5 liter dan 3 liter, anda diminta  mendapatkan air sebanyak 4 liter dengan hanya menggunakan bantuan dua ember tersebut ( tidak ada peralatan lainnya yang tersedia, hanya kedua ember itu saja yang ada).
Silahkan anda buat Algoritma masalah tersebut?

Penyelesaiannya :

Pertama, kita misalkan ember yang berkapasitas 5 liter adalah ember A, sedangkan ember satunya adalah ember B.

Kemudian, kita isi penuh ember A, kemudian air dari ember A dimasukkan ke ember B hingga ember B penuh. Jadi di dalam ember A tersisa air 2 liter air.

Selanjutnya, buang semua air yang ada di dalam ember B, kemudian masukkan air yang tersisa di dalam ember A (2 liter) ke dalam ember B. Jadi, sekarang di ember B ada 2 liter air dan ember A kosong.

Langkah berikutnya, isi penuh ember A (5 liter) kemudian masukkan air dari ember A ke ember B sampai penuh. Maka ember B penuh dan ember A berkurang 1 liter.

Di dalam ember A telah terdapat air sebanyak 4 liter. (selesai)

Nah, kira-kira seperti itulah langkah-langkahnya untuk menyelesaikan soal algoritma mendapatkan 4 liter air dengan ember 5 liter dan 3 liter. Semoga dapat bermanfaat.

Comments

Popular posts from this blog

Seberapa Penting Manfaat Grafik Komputer & Pengolahan Citra dalam Kehidupan Sehari-hari?

Kisi-Kisi Soal UAS PTSI Gunadarma